Dosen Mata Kuliah

- Mikrobiologi Farmasi

- Fitokimia

Mata kuliah ini akan mengantar peserta didik memiliki kemampuan menjelaskan pengantar fitokimia, bahan tumbuan, jalur biosintesis metabolit sekunder, struktur kimia  senyawa polar dan non polar, skrining fitokimia, ekstraksi bahan alam, teknik pemisahan senyawa, teknik pemurnian dan identifikasi senyawa.

Mata kuliah ini akan mengantar peserta didik memiliki kemampuan menjelaskan sejarah mikrobiologi, jenis-jenis mikroorganisme serta peranan mikroorganisme dalam bidang farmasi dan kesehatan, Studi Hubungan Filogenentik dan Klasifikasi Mikroorganisme, Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik, Bakteri, fungi dan  virus. Selain itu diharapkan peserta didik memiliki kemampuan menjelaskan pertumbuhan Mikroba, dan Pengukuran Pertumbuhan Sel Mikroba, Terminologi  obat-obat antimikroba, mekanisme aksi obat antimikroba, mekanisme patogenesitas mikroba, Terminologi control mikroba dan cara fisik dan kimia pengendalian pertumbuhan mikroba,   Metode Identifikasi Mikroorganisme, media-media pertumbuhan mikroba, teknik isolasi mikroba serta metode uji daya antimikroba dan mekanisme resistensi mikroba.


Matakuliah Fitokimia merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang isolasi atau pemisahan serta ekstraksi zat aktif yang ada pada tanaman mengunakan metoda kimia.

Mata Kuliah Mikrobiologi farmasi akan mempelajari mikroorganisme yang berhubungan dengan produksi antibiotik, enzim, vitamin, vaksin dan produk farmasi lain dan juga mikroorganisme penyebab kontaminasi dan kerusakan produk farmasi.