Pembelajaran  Tahun ajaran 2022-2023 

Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MKU menekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Melalui mata kuliah ini mahasiwa ditanamkan rasa kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam perkuliahan karena perkuliahan dilakukan secara variatif, diskusi, prestasi, dan penugasan.


Mata Kuliah Metodologi penelitian adalah metode kualitatif, metode kuantitatif, metode survei, metode ekspos facto, dan metode deskripstif yang diajarkan pada mahasiswa semester 7 sebagai syarat mengikuti matakuliah seminar proposal

Mata Kuliah ini membahas tentang upaya meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dan bayi baru lahir dalam kondisi beresiko dan masalah- masalah yang berhubungan dengan reproduksi dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunakan pendekatan proses keperawatan serta memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik maupun komunitas

Mata Kuliah Keperawatan Keluarga membahas tentang Konsep Keluarga, dan pengelolaan askep keluarga sesuai tumbuh kembang.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan,  membentuk sikap, kepribadian, keterampilan peserta didik dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai spiritual yang menyelaraskan penguasaan dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari serta dalam memberikan layanan kebidanan menjadikan agama, IPTEK dan budaya sebagai landasan etika moral dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mahasiswa mampu memahami tentang konsep pemeriksaan fisik pada ibu dan BBL

2. Mahasiswa mampu melakukan prosedur pemeriksaan fisik ibu dan BBL

Pokok Bahasan:

1. Anamnesa

2. Pemeriksaan TTV

3. Pemeriksaan Head to Toe/ sistem tubuh pada ibu

4. Pemeriksaan Head to Toe pada BBL

Deskripsi mata kuliah

Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sakit kronis dan kondisi terminal serta berkebutuhan  khusus,  di  masyarakat  ataupun  dirawat  di  rumah  sakit,  serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif yang berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya   dengan   menerapkan   komunikasi   efektif,   serta   membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek  legal dan etik.

Mata kuliah ini mempelajari tentang trend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS (termasuk pengguna NAPZA), pengkajian bio, psiko, sosial spiritual dan kultural, pemeriksaan fisik, tanda dan gejala dengan HIV/AIDS, prinsip hidup klien dengan ODHA, family centered pada ODHA dan stigma pada ODHA, prinsip komunikasi konseling pada klien dengan HIV/AIDS, konseling pada klien dengan HIV/AIDS, konseling pada ibu hamil dengan HIV/AIDS di wahana klinik dan lahan